PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE DAN PICTURE BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs SWASTA AL WASHLIYAH KUALA SIMPANG

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE DAN PICTURE BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs SWASTA AL-WASHLIYAH KUALA SIMPANG
Yusrianum
Guru Bahasa Arab MTs Swasta Al Washliyah Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang

Abstract

     Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Kuala Simpang melalui penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan alat peraga. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca Bahasa Arab mengalami peningkatan yang diindikasikan dari hasil tes kemempuan membaca pada masing-masing tingkat, yaitu: a) dapat membaca dengan lancar, b) dapat membaca dengan intonasi yang baik dan benar, c) dapat menghafal kosa kata, d) dapat menyebutkan kata sesuai dengan gambar yang ditempelkan dikertas karton, e) dapat menyimak bacaan dengen baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Kuala Simpang dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca bahasa Arab.

Kata kunci: model pembelajaran, model picture and picture, alat peraga, kemampuan membaca

PENDAHULUAN

     Dalam proses kegiatan belajar dan mengajar pada hakeketnya tidak akan terwujud tanpa adanya guru. Dari segi lain, keberhasilan proses pengajaran tentu juga berkaitan erat dengan kemampuan guru melaksanakan kegiatan pengajarannya. Oleh sebab itu, guru harus mampu memilih dan melihat metode yang tepat dan cocok untuk materi ajar tertentu.

     Dalam proses belajar mengajar kelas VIII MTsS Al Washliyah Kualasimpang tahun pelajaran 2011/2012, mata pelajaran Bahasa Arab mengalami masalah dalam kegiatan belajar. Hal ini sangat mengkhawatirkan. Setelah dilakukan pengamatan ternyata dalam proses belajar mengajar di kelas VIII MTsS Al Washliyah tahun pelajaran 2011/2012 Kualasimpang pada mata pelajaran Bahasa Arab mengalami masalah, diantaranya adalah (1) Minat membaca siswa masih sangat kurang. (2) Strategi atau metode yang diterapkan oleh guru masih kurang menarik. (3) Dalam mengembangkan materi, guru kurang mampu mengembangkan kompetensi anak. (4) Model yang dipergunakan masih kurang bervariasi.

     Berdasarkan dari latar belakang masalah diatas, harus dilakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS Al Washliyah Kualasimpang Melalui Model Picture dan Picture dengan Bantuan Alat Peraga Tahun Pelajaran 2011/2012.

     Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara menerapkan model picture dan picture dengan alat bantu peraga untuk meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsS Al Washliah Kualasimpang tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana aktivitas siswa kelas VIII MTsS Al Washliyah Kualasimpang dalam kegiatan pembelajaran melalui model picture dan picture dengan bantuan alat peraga tahun pelajaran 2011/2012? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa Kelas VIII MTsS Al Washliyah Kuala-simpang melalui model picture dan picture dengan bantuan alat peraga? Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk (1) mengetahui cara penerapan model picture dan picture dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsS Al Washliyah tahun pelajaran 2011/2012; (2) mengetahui aktivitas kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsS Al Washliyah Kualasimpang melalui model picture dan picture dengan bantuan alat peraga tahun pelajaran 2011/2012; (3) mengetahui peningkatan kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsS Al Washliyah Kualasimpang melalui model picture dan picture dengan bantuan alat peraga tahun pelajaran 2011/2012.

Hakekat membaca Bahasa Arab

     Membaca Bahasa Arab adalah merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi umat Islam, karena Bahasa Arab itu adalah suatu alat komunikasi bahasa pengantar dalam beribadah kepada Allah SWT sebagai makhluk ciptaan-Nya. Mempelajari dan membaca bahasa Arab, merupakan jalan menuju kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat. Dalam membaca dan mempelajari bahasa Arab tidaklah mudah, perlu diketahui bahwa dengan membaca dan menulis dengan tidak tepat dapat merubah makna yang dimaksud. Agar pelajaran bahasa Arab dapat berhasil seefektif mungkin, maka perlu bagi anak didik untuk dikenalkan dengan huruf hijaiyah dan cara membaca yang baik dan benar. Apabila anak sudah mengenal huruf hijaiyah, maka insya Allah anak tersebut akan lancar dan fasih dalam membaca Bahasa Arab. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan model picture dan picture yang dibantu dengan alat peraga.

     Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Bahasa Arab, baik membaca permulaan atau lanjut. Untuk membaca permulaan, faktor-faktor yang mempengaruhinya menurut Lamb dan Arnold dalam Rahim (2008) ialah Faktor Fisiologis, Faktor Intelektual, Faktor Lingkungan dan Faktor Psikologis.

Klik Untuk Baca Selengkapnya / CETAK Dokumen ini